Desain Komunikasi Visual

Tujuan Program Keahlian Desain Komunikasi Visual membekali peserta didik yang terampil dan memiliki kemampuan wirausaha di bidang Industri Kreatif yang berdasarkan kecerdasan kreatif dalam mengantisifikasi dan memecahkan masalah di bidang komunikasi visual sehingga mampu mengolah data, mencari solusi akan kebutuhan desain, meliputi pengusaan media informasi, publikasi dan promosi.

Prospek Alumni Desain Komunikasi Visual

  1. Perancang Web. Desainer Web atau Web Designer adalah orang yang mempunyai keahlian menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna-akhir melalui World Wide Web, melalui Web browser atau perangkat lunak Web-enabled lain seperti televisi internet, Microblogging, pembaca RSS.
  2. Copywriter adalah profesi di lingkungan periklanan yang tugasnya menulis naskah iklan, baik untuk iklan cetak (print ad), iklan televisi (TV Commercial), iklan radio (Radio Commercial) dan segala macam bentuk komunikasi merek. Seorang Copywriter berpasangan dengan Art Director (Penata Artistik), membuat sebuah konsep iklan. Atasan mereka adalah Creative Director dan mereka di dalam Creative Department di sebuah perusahaan iklan (Advertising Agency).
  3. Art director. secara teknis adalah koordinator lapangan yang melaksanakan eksekusi atas semua rancangan desain tata artistik/gambar kerja yang menjadi tanggungjawab pekerjaan production designer. Seluruh proses penyediaan material artistik sejak persiapan hingga berlangsungnya perekaman gambar dan suara saat produksi menjadi tanggunghawab seorang art director.
  4. Creative Director. Seorang direktur kreatif adalah posisi sering ditemukan dalam desain grafis, film, fashion, periklanan, media atau industri hiburan, tetapi mungkin berguna dalam organisasi kreatif lainnya seperti pengembangan web dan perusahaan pengembangan perangkat lunak juga. Pekerjaan ini memerlukan mengawasi semua aspek desain produk.
  5. Illustrator. Illustrator adalah seorang seniman narasi yang mengkhususkan diri dalam menulis meningkatkan dengan menyediakan representasi visual yang sesuai dengan isi teks yang terkait. Ilustrasi mungkin dimaksudkan untuk menjelaskan konsep-konsep rumit atau benda-benda yang sulit untuk menggambarkan secara tekstual.
  6. Graphic Designer. Seorang desainer grafis adalah seorang yang profesional dalam desain grafis dan seni grafis industri yang mengkombinasikan gambar, tipografi atau grafis gerak untuk membuat sebuah desain. Seorang desainer grafis menciptakan grafis terutama untuk diterbitkan, media cetak atau elektronik, seperti brosur (kadang-kadang) dan iklan. Mereka juga kadang-kadang bertanggung jawab untuk typesetting, ilustrasi, user interface, desain web, atau mengambil posisi mengajar. Tanggung jawab inti dari pekerjaan perancang adalah untuk menyajikan informasi dengan cara yang baik diakses dan mudah diingat.
  7. Photographer. Fotografer atau juru foto (Bahasa Inggris: photographer) adalah orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya, dan umumnya memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha mengembangkan ilmunya. Banyak fotografer yang menggunakan kamera dan alatnya sebagai pekerjaan untuk mencari penghasilan.