SPP Sarana Prasarana

STANDAR PELAYANAN PUBLIK SARANA PRASARANA

Pengelolaan  Sarana dan Prasarana

 

No

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum

  1. Permenpan No.36 Tahun 2012  tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan dan Penerapan Standar Pelayanan
  2. Permenpan No.13 Tahun 2009  tentang Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan Partisipasi Masyarakat 
  3. Permenpan No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SekolahDasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
  4. SK Kepala SMKN 3 Probolinggo tentang Struktur Organisasi
  5. SK Kepala SMKN 3 Probolinggo tentang Pembagian Tugas Mengajar dan Tugas Tambahan pada tiap awal Tahun Pelajaran

2.

Persyaratan Pelayanan

  • Terdapat  Struktur organisasi  SMK Negeri 3 Probolinggo yang memuat personalia dengan tugas untuk  membantu pengelolaan sarana    prasarana di lingkungan sekolah
  • Mengangkat/menugaskan dan memberi wewenang  kepada personil yang telah di tunjuk
  • Tenaga personalia yang dimaksud diantaranya mencakup teknisi yang kompeten secara teknis misalnya ahli komputer, instalator listrik dan bangunan.
  • Terdapat permintaan perbaikan dari unit kerja bidang Sarpras

4.

Jangka waktu penyelesaian

  • Perawatan: sepanjang Tahun Pelajaran
  • Perbaikan: sesuai dengan jenis kerusakan
  • Pengadaan & pembangunan: sesuai dengan petunjuk teknis pengadaan dan pembangunan

5.

Biaya/tarif

Biaya Operasional sekolah bidang sarpras sebagai penunjang  pelaksanaan KBM

6.

Produk Pelayanan

  • Terselenggaranya proses pembelajaran yang lancar dengan dukungan sarana dan prasarana yang cukup serta lingkungan belajar yang kondusif
  • Terwujudnya tertib administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan sarana
  • Terpeliharanya sarana pendukung pendidikan,  misalnya mushola, area parkir, toilet, taman dan lain-lain.

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

  • Ruang kelas teori yang memenuhi standar lengkap dengan meja kursi yang cukup bagi guru dan peserta didik dilengkapi dengan whiteboard, colokan listrik dan LCD proyektor; dan mampu menampung seluruh rombongan belajar
  • Laboratorium praktik yang cukup dengan peralatan yang mendukung pelaksanaan kegiatan belajar praktik
  • Sarana pendukung pendidikan seperti mushola, area parkir, toilet, taman, ruang guru, ruang tu, lapangan olahraga, gudang dan sebagainya
  • Komputer yang cukup
  • Jaringan internet yang cukup
  • Lapangan olah raga yang representatif

8.

Kompetensi pelaksana

  • Sarjana untuk Waka Humas
  • SLTA untuk tenaga administrasi
  • Berpengalaman untuk tenaga teknis dan berpendidikan setingkat SLTA atau Diploma

9.

Pengawasan internal

  • Kepala Sekolah  
  • Wakil Kepala Sekolah bidang Sarana dan Prasarana 
  • Wakil Manajemen Mutu 

10.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Keluhan bisa disampaikan langsung kepada bidang Sarana Prasarana  atau melalui surat/fax, kotak saran, e-mail dan facebook yang ditangani oleh Humas yang akan dikoordinasikan dengan bidang Humas untuk dilakukan tindakan perbaikan dan pencegahan.

11.

Jumlah pelaksana

10 orang

12.

Jaminan Layanan

  • Tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kelancaran proses pembelajaran
  • Terpenuhinya kebutuhan/permintaan unit-unit bidang sarana prasarana  

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

 

Seluruh sarana dan prasarana memenuhi standar SNI dalam kondisi baik dan siap dipergunakan serta memenuhi kaidah keamanan dan keselamatan

14

Evaluasi Kinerja

Kinerja bidang sarpras dievaluasi oleh Kepala Sekolah dan Wakil Manajemen Mutu dalam proses internal audit secara berkala