Sandrommer Jelly Drink

Diposting pada: 2015-12-12, oleh : Administrator, Kategori: Adiwiyata

Sandromer Jelly Drink merupakan inovasi dari team Adiwiyata SMK Negeri 3 Probolinggo, dimana produk ini mengkombinasikan fungsi jelly sebagai makanan sekaligus sebagai minuman. Produk ini mengandung jelly dengan daun katuk sebagai bahan utama. Mengapa kita gunakan Daun Katuk sebgai bahan utama? 

Daun katuk dapat mengandung hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun ini kaya vitamin K, selain pro-vitamin A (beta-karotena), B, dan C. Mineral yang dikandungnya adalah kalsium (hingga 2,8%), besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Warna daunnya hijau gelap karena kadar klorofil yang tinggi. Daun katuk dapat diolah seperti kangkung atau daun bayam. Ibu-ibu menyusui diketahui mengonsumsi daunnya untuk memperlancar keluarnya ASI. Perlu diketahui, daun katuk mengandung papaverina, suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu (opium). Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan papaverin.

Sandrommer  Jelly Drink memberikan kesegaran dengan menghilangkan dahaga sekaligus membantu menahan lapar, sangat cocok disajikan saat kita membutuhkan kesegaran setelah melakukan berbagai kegiatan maupun di saat-saat bersantai bersama. Berikut bahan yang diperlukan dan bagaimana cara membuatnya.

Bahan

1

Air

300 ml air mentah dan 200 ml air matang

2

Daun Katu

150 gram

3

Gula Pasir

70 gram

4

Konyaku

1/3 sdt

Cara Membuat

  1. Blender daun katu beserta air matang 200 ml saring
  2. Campur konyaku dengan gula pasir
  3. Rebus air beserta campuran gula dan konyaku
  4. Setelah mendidih, campur dengan sari daun katu
  5. Angkat dari api, dinginkan
  6. Siap untuk dikemas


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id